Beranda | Artikel
Menjaga Kebersihan Anak
Kamis, 22 November 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Menjaga Kebersihan Anak adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan tentang cara mendidik anak secara Islami (fiqih pendidikan anak). Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. pada 6 Rajab 1438 H / 03 April 2017 M.

Download mp3 kajian sebelumnya: Menjaga Kesehatan Mata Anak

Kajian Tentang Menjaga Kebersihan Anak

Perlu kita fahami bahwa Islam adalah agama yang sangat memperhatikan kebersihan. Dan kebersihan dalam agama Islam sangatlah luas. Membahas dan mencakup kebersihan lahir dan kebersihan batin. Sebagian orang hanya memperhatikan salah satu diantara keduanya.

Kebersihan lahir berarti terhindar dari segala kotoran, hadats, dan najis. Baik pakaian, tubuh maupun tempatnya. Usahakan agar semua itu bersih dari kotoran, hadats dan najis. Tidak semua kotoran itu najis. Maka disini disebutkan ada kotoran, ada hadats. Hadats adalah kondisi seseorang dalam keadaan tidak suci. Misalnya seseorang buang angin, buang air kecil atau buang air besar, junub, haid. Sedangkan najis adalah hal-hal yang dinajiskan dalam agama kita. Kotoran manusia, air seni, kotoran binatang yang tidak boleh dimakan, adapun kotoran binatang yang bolah dimakan ada perbedaan pendapat diantara para ulama apakah najis atau tidak.

Adapun bersih batin, adalah kita membersihkan diri kita dari sifat-sifat yang tercela. Ada orang yang mungkin bajunya putih bersih, tapi memiliki sifat pembohong. Berarti orang tersebut bersih lahir namun batinnya kotor. Ada orang yang sebaliknya. Hatinya bersih, tawadhu, akan tetapi bajunya kotor. Dalam agama kita, kebersihan batin dan kebersihan lahir sangatlah diperhatikan. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ ﴿٤﴾ وَالرُّجْزَ فَاهْجُرْ ﴿٥﴾

dan pakaianmu bersihkanlah, dan perbuatan dosa tinggalkanlah,” (QS. Al-Mudatsir[74]: 5)

Lihatlah bagaimana Allah menggabungkan antara kebersihan lahir dan kebersihan batin. Maka sebaiknya kita berusaha untuk seimbang dalam memperhatikan keduanya. Kebersihan lahir kita perhatikan dan kebersihan batin juga kita perhatikan.

Menit ke – 06:50

Simak Penjelasan Lengkap dan Download mp3 Kajian Tentang Menjaga Kebersihan Anak


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/45231-menjaga-kebersihan-anak/